SMABOY Donor Darah PDF Print E-mail
Written by madcrew   
Tuesday, 28 October 2014 00:00

Donor Darah merupakan suatu kegiatan pemberian atau sumbangan darah yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja dan sukarela sekitar 3 bulan sekali kepada siapa saja yang membutuhkan transfusi darah. Ketika acara sudah dibuka, sudah banyak yang mengantri mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini, baik kelas XI maupun kelas XII.
Seperti yang telah dikatakan Kak Septi XI MIA 6 selaku ketua pelaksana Acara Donor Darah yang dilaksanakan hari Rabu, 15 Oktober 2014 pukul 08.00 WIB di Aula sekolah, syarat menjadi pendonor antara lain tentunya berusia minimal 17 tahun, memiliki berat badan lebih dari 45 kg, kadar hemoglobinnya  >12,5 gr%, tekanan darah tidak boleh rendah yang berarti tekanan darah normal, untuk perempuan tidak sedang menstruasi atau hamil, dan tidak terjangkit penyakit tertentu seperti menderita sakit alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau pernah menerima transfusi darah kurang dari setahun.
Tim PMI Tulungagung mengirimkan 8 petugas donor darah ke SMAN 1 Boyolangu, dengan proses pengambilan darah sebagai berikut :

  • 1.    Pendonor harus mengisi formulir yang telah disediakan panitia Donor Darah dari SMAN 1 Boyolangu.
  • 2.    Pemeriksaan kesehatan, tekanan darah dan hemoglobin oleh petugas PMI.
  • 3.    Pengambilan darah yang dilakukan oleh petugas PMI kurang lebih 5 – 15 menit. Dengan Lengan tangan kanan bagian atas pasien dibalut dan dieratkan dengan sfigmomanometer (alat pengukur tekanan darah) tujuannya agar vena mengembang. Sebelum ditusuk jarum, bagian lengan kanan diolesi alkohol atau obat merah untuk mensterilkan kuman atau bakteri yang menempel pada kulit. Satu Pendonor, bisa mendonorkan 350 ml darahnya atau satu kantong.
  • 4. Pembagian bingkisan tas kecil berisi satu paket menu hidangan donor  yang didapatkan pendonor dengan menukarkan lembar donor kepada panitia.

Satu – satunya Bank Darah di Tulungagung hanya terdapat di Dr. Iskak dimana stok darahnya disupply dari UTD PMI Tulungagung, untuk Rumah Sakit lain masih mengambil langsung ke PMI. Jika stok di Bank Darah Dr. Iskak habis, pihak dari Dr. Iskak membawa resep beserta surat dari dokter untuk mengambil darah di PMI. PMI Kabupaten Tulungagung hanya menyediakan darah lengkap dan sel darah merah, sebenarnya PMI Tulungagung ingin menyediakan plasma darah namun karena alatnya kurang lengkap, PMI belum bisa menyediakan plasma. Tim PMI masih menggunakan kantong darah yang didatangkan dari Singapura, Thailand, Jepang melalui pemerintah pusat. Untuk acara ini, Tim Donor Darah menggunakan kantong darah dari Laboratorium Kawasumi Jepang. Tiap – tiap jenis darah memiliki kartu identifikasi dengan warna berbeda, untuk darah A kartu identifikasinya berwarna putih, darah B kartu identifikasinya berwarna biru, sedangkan darah O kartu identifikasinya berwarna merah, dan darah AB kartu identifikasinya berwarna kuning. Ini dilakukan agar mempermudah proses identifikasi.

Sebenarnya manfaat diadakan acara donor darah sangat banyak, antara lain untuk menjaga ketersediaan darah di Bank Darah agar dapat selalu digunakan, selain itu dengan donor darah kita dapat membantu sesama yang sedang membutuhkan darah, kita juga dapat melatih jiwa sosial. Selain itu, setelah mendonorkan darah, tubuh akan memproduksi darah baru yang lebih sehat, jadi tubuh kita akan selalu sehat. Darah yang sudah didonorkan kemudian dibawa ke Laboratorium PMI untuk diperiksa kesehatan darah sebelum digunakan. Menurut Bapak Yuri Suryanto selaku Tim PMI Tulungagung, pendonor darah yang membawa BPJS tidak perlu membayar biaya pengolahan darah, karena sudah ditanggung pemerintah. Dalam satu bulan Tim PMI bisa mendapatkan kurang lebih 1400 kantong darah atau 1400 pendonor dari tingkat pelajar mulai SMA / MA/ SMK sampai orang dewasa berusia dibawah 60 tahun.

Seluruh siswa SMAN 1 Boyolangu sangat antusias dengan kegiatan donor darah ini, terbukti pada pukul 09.35 WIB aula dipadati dengan kedatangan kakak kelas XI dan XII yang antri untuk mengisi formulir dan pemeriksaan kesehatan sebelum pengambilan darah. “Kesannya, senang karena banyak yang berpastisipasi dari kelas XI maupun kelas XII, selain itu petugas PMI juga cepat tanggap sehingga tidak memotong banyak waktu. Kalau untuk pesannya, mungkin lebih sering diadakan program semacam ini. Kalau bisa kegiatan donor darah dilakukan 3 atau 4 bulan sekali agar kita dapat berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan darah, selain itu donor darah juga menyehatkan tubuh kita,” kata Kak Eka Wahyu dari XI MIA 6 salah satu peserta kegiatan donor darah.

Last Updated on Tuesday, 28 October 2014 13:55
 
Smaboy Videos
SMABOY FAIR
Tahun 2012
Video 1 of 25
Size : 114 Mb
Pelantikan Ketua OSIS
Tahun 2012
Video 1 of 6
Size : 5.5 Mb
Aksi Denny Darko
Tahun 2012
Video 2 of 3
Size : 98.3 Mb
Purnawiyata
Tahun 2012
Video 1 of 11
Size : 91.4 Mb

Copyright © 2010 | TEAM ICT SMABOY
All Rights Reserved.