TCC PDF Print E-mail
Written by Ratna   
Thursday, 20 October 2016 12:10

Partisipasi SMABOY dalam HUT Ke-71 RI

2Untuk memperingati HUT ke-71 RI, di wilayah Kabupaten Tulungagung diadakan pawai besar-besaran yaitu Tulungagung Culture Carnival. Pawai ini diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus lalu yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dan yang sederajat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang lebih banyak menampilkan bhineka-bhineka dari masing-masing daerah, tahun ini jumlah peserta tiap SMA terbatasyaitu sekitar 100 orang. Tujuannya untuk keamanan, ketertiban, dan keefektifan waktu pada saat pawai berlangsung. Sebelum pelaksanaan pawai diadakan, tiap-tiap siswa SMABOY telah mempersiapkan bhineka-bhineka yang akan dipamerkan. Tak mau kalah dengan siswa SMA lain, siswa SMABOY juga sangat antusias berpartisipasi dalam acara ini. Untuk mempersiapkan pawai tersebut, dibentuk panitia PHBN yang terdiri dari pengurus osis dan beberapa guru sebagai pembina. Dalam pawai kali ini, SMABOY menampilkan beberapa ikon daerah seperti Orang utan dan Penari Dayak yang merupakan ikon Kalimantan, Bunaken ikon dari Sulawesi, Penari Saman ikon dari Sumatera, Tayub ikon dari Jawa, dan juga Papua.

Saat pawai berlangsung, seluruh properti telah dipersiapkan dengan matang. Pawai dimulai pukul 13.00 dan bertempat di Perempatan 55. Barisan pawai Bhineka SMABOY diawali dengan seni karawitan yang merupakan salah satu ekstrakulikuler di SMABOY. Untuk melengkapi penampilan seni kerawitan ini ditampilkan pula seni Jaranan yang merupakan budaya khas Kabupaten Tulungagung. Berikutnya ditampilkan baris-berbaris yang diikuti oleh siswa dari ekstrakulikuler Paskibraka SMABOY yang akrab disebut Paskaboy. Pawai Bhineka SMABOY juga menampilkan beberapa Raja dan Ratu dari beberapa daerah seperti Raja dan Ratu Sriwijaya, Ratu Sima, Raja dan Ratu Singosari, Raja Hayam Wuruk, dan Raja Kutai Kertanegara. Selain itu, SMABOY juga memamerkan Roro Kembangsore, Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, Tri Buana Tungga Dewi yang merupakan penguasa ketiga kerajaan Majapahit, Gajah Mada, Pramudya Wardhani, beberapa prajurit, dan pengawal berkuda.

Pawai ini bertemakan “Pesona Khatulistiwa”, karena itu SMABOY menghadirkan pesona alam Indonesia dengan kearifan budaya lokal seperti ikon Gunung Budheg. Budaya Gunung Budheg ini menceritakan sejarah tentang Gunung Budheg, yakni dikutuknya seorang Joko Budheg yang bertapa untuk memenuhi persyaratan demi melamar Roro Kembangsore. Pawai diakhiri dengan aksi para penari Papua yang terdiri dari 16 siswa SMABOY. Pawai berlangsung sangat meriah ditambah dengan wajah antusias dari para peserta dari SMABOY yang rela berpanas-panasan demi menampilkan hasil yang terbaik. Sore hari tiba pawai ini pun berakhir. Alhamdulillah, meski lelah namun semua dilakukan untuk mengukir prestasi dan nama baik sekolah.

Oleh : Adelia Dinda X-1, Alya X-12

 

Last Updated on Thursday, 27 October 2016 21:43
 
Smaboy Videos
SMABOY FAIR
Tahun 2012
Video 1 of 25
Size : 114 Mb
Pelantikan Ketua OSIS
Tahun 2012
Video 1 of 6
Size : 5.5 Mb
Aksi Denny Darko
Tahun 2012
Video 2 of 3
Size : 98.3 Mb
Purnawiyata
Tahun 2012
Video 1 of 11
Size : 91.4 Mb

Copyright © 2010 | TEAM ICT SMABOY
All Rights Reserved.